Basiyo – Jaka Bodho

Dalam lakon dagelan mataram kali ini Basiyo berperan sebagai Jaka Bodho bersama dengan rekan – rekannya dari Sapta Mandala Kodam VII Diponegoro (sekarang Kodam IV).
Dikisahkan Jaka Bodho mengembara mencari kakaknya Jaka Wasis. Di tengah perjalanan dia berjumpa dengan dewa yang memberinya dua buah benda pusaka. Pusaka yang pertama adalah Banyak Emas yang bisa menyediakan berbagai makanan dan minuman yang lezat bagi pemiliknya. Sedangkan pusaka lainnya berupa tongkat yang bernama Teken Kayu Zaitun dimana di dalamnya terdapat jin yang siap membantu pemiliknya.
Sementara itu di Kerajaan Darussalam dimana Prabu Kusnun dibantu oleh Patih Syamsul Haji memerintah telah terjadi suatu malapetaka. Putri dari Prabu Kusnun yang bernama Kusuma Dewi Arum Manis menderita sakit keras. Sakitnya itu disebabkan oleh Jin Barakun milik Raja Kerajaan Bantar Angin Prabu Klono Tunjung Dimurti yang merasuki tubuh Sang Putri. Adapun niat dari Prabu Klono Tunjung Dimurti mengutus jin miliknya membuat malapetaka dengan merasuki tubuh Kusuma Dewi Arum Manis adalah untuk menjadikannya sebagai istri pada suatu saat nanti. Prabu Kusnun pun membuat sayembara barang siapa yang bisa menyembuhkan sakit Kusuma Dewi Arum Manis akan dinikahkan dengannya.
Setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh, akhirnya Jaka Bodho pun bertemu dengan Jaka Wasis kakaknya yang telah mempunyai istri Endang Mari Kangen. Pada awalnya kehadirannya tidak diterima, tetapi karena Endang Mari Kangen tertarik Banyak Emas miliknya dan dengan bantuan jin penghuni Teken Kayu Zaitun akhirnya kehadirannya diterima juga. Sayang kebahagiaan Jaka Bodho yang telah bertemu dengan kakaknya tidak berlangsung lama, karena ditinggal sang kakak pergi ke Kerajaan Darussalam untuk mengikuti sayembara.
Bagaimana akhir kisah dagelan mataram ini, sumonggo dipun download lan sugeng midangetaken sinambi leyeh – leyeh.

Link download :
Basiyo – Jaka Bodho mp3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: